Did the Great Depression of the 1930s affect to the rise of Fasicm


          Apakah kemunculan fasis dunia khususnya di negara-negara eropa di pelopori oleh adanya suatu peristiwa yang mengguncang dunia pasca PD I yaitu the great depression atau murni akar penyebabnya adalah PD I?

https://s.yimg.com/ny/api/res/1.2/GwfcsM_6tuEzlvGk5l3OXQ--~A/YXBwaWQ9aGlnaGxhbmRlcjtzbT0xO3c9ODAw/http://media.zenfs.com/en/homerun/feed_manager_auto_publish_494/5a3deb55ec2577dd652aaf2f5dd996a5
Hitler gives Speeches


          Apa itu the great depression? Dikaji dari wikipedia, merupakan suatu istilah untuk menggambarkan kekacauan perekonomian dunia, diawali peristiwa stock market crash yang juga dikenal sebagai peristiwa “Black Tuesday” pada 1930s. Peristiwa ini berdampak pada perekonomian secara global pada rich maupun poor countries. Adapun yang dihasilkan dari devaluasi perekonomian dunia ini meliputi GDP secara global terhitung menurun 15% dari GDP sebelumnya, pendapatan personal, pendapatan pajak, pendapatan nasional dan harga jatuh, tenaga kerja di United State of America (USA) mengalami PHK besar-besaran sehingga membuat pengangguran meningkat sebesar 25% dan di beberapa negara mengalami peningkatan pengangguran sebesar 33%.

https://img-s-msn-com.akamaized.net/tenant/amp/entityid/AAAzgD2.img?h=0&w=720&m=6&q=60&u=t&o=f&l=f
the Great Depression


           Pada sebagian besar negara recovery atau mengatasi masalah ini mulai gencar dilakukan pada 1933. Berbagai kegiatan untuk mengatasi permasalahan ini dilakukan mulai dari adanya kebijakan meliputi kebijakan langsung pada tahun-tahun F.D Roosevelt sampai pengembangan kegiatan ekonomi di sektor industri. Namun bagaimana pengaruh peristiwa ini terhadap negara-negara di benua Eropa khususnya pada negara Jerman?

            Pasca kekalahan Jerman yang membuat tahta kerajaan hancur dan memaksa raja turun dari tahtanya menjadikan Wilhelm II menjadi raja terakhir dari kerajaan Jerman. Kekosongan kekuasaan ini memunculkan pembentukan negara federasi yang bernama Weimar Republik, penamaan ini berdasarkan nama kota Weimar yang merupakan tempat dimana pertama kali kongres dilakukan –red.


           Tak berlangsung lama pemerintahan Weimar Republik pada tahun ke-14 mengalami permasalahan serius salah satunya yaitu hyperinflation, penyebab utama inflasi ini adalah terpengaruh dari efek global the Great Depression. Keadaan perekonomian Jerman pada saat itulah yang menyebabkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan melemah, kepercayaan mayoritas masyarakat kala itu  ditujukan kepada partai Nazi (NSDAP). Hal inilah yang membuat pemerintah Weimar Republik mengangkat Adolf Hitler sebagai kanselir jerman, dan tak lama kemudian masa-masa pemerintahan Weimar Republik berakhir. Sebagai bentuk hancurnya demokrasi di jerman, pembentukan pemerintahan dictactorship jerman Nazi-pun dimulai. 

https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/lZuyIFdnJanPAVwnU7rxVPDW4Fs=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/742008/original/094224300_1411567910-800px-Hitler_and_Mussolini_June_1940.jpg
Mussolini and Hitler
             Jadi apakah penyebab  kebangkitan fasis dianggap sebagai salah satu dari dampak the Great Depression? bisa dikatakan bahwa kebangkitan fasis tidak diakibatkan dari dampak the Great Depression, tetapi peristiwa tersebut merupakan salah satu trigger atau pemantik dari berkuasanya partai Nazi di jerman.

            Jika dilihat dari sejarah secara sinkronik, berdasarkan buku Mein Kampf  karangan Adolf Hitler, munculnya paham fasis Jerman tidak luput dari kekalahan Jerman pada PD II. Munculnya tokoh-tokoh ekstrimis beserta pengikutnya merupakan buntut dari Perjanjian Versailles (Treaty of Versailles) yang mana terdapat kemarahan besar dari partai sayap kanan (NSDAP) terhadap penandatanganannya. Menurut mereka perjanjian inilah yang melemahkan bangsa Jerman kala itu dengan pembayaran ganti rugi perang, pengurangan persenjataan dan  wilayah kekuasaan. Sementara itu di negara italia sendiri, fasis telah menguasai penuh negara semenjak 1922 atau tepat 7 tahun sebelum dimulainya krisis ekonomi global (the Great Depression).

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment

Back
to top